Senin, 09 Maret 2015

sistem keadaan dan sifat termodinamik



Sistem keadaan dan sifat termodinamik
Pada kali ini akan memperkenalkan konsep dan terminologi yang di[ergunkan untuk mempelajari sistem dan perilaku
1.               Sistem termodinamik
Besaran makroskopik yang dikaitkan dengan bagian dalam sistem disebut koordinat termodinamik.sistem yang diberikan oleh koordinat termodinamik disebut sistem termodinamik.
Untuk menganalisis termodinamika terlebih dahulu dimulai dengan pemilihan sistem,permukaan batasnya dan lingkungan dari sistem.apabila sistem telah dipilih langkah berikutnya yaitu memberikan dalam besaran yang berkaitan dengan sifat sistem dan interaksinya dengan lingkungan atau keduanya..berdasarkan interaksi lingkungannya sistem dibedakan menjadi 3 yaitu sistem terbuka tertutup dan terisolasi.
Dalam kasus seperti ini kita dapat menetapkan suatu ruang tertentu atau daerah didalam pipa dimana aliran massa ini mengalir sebagai sistem.daerah yang ditetapkan ini disebut dengan volume atur.permukaan batas atur disebut dengan permukaan atur yang ditunjukan sebgaia garis putus putus.permukaan dalam pipa dapat diambil sebagia bagian dari permukaan batas sistem yang nyata.namun kenyataannya ada permukaan batas yang imajiner karena tidak ada permukaan nyata yang menandai posisi dari ujung ujung yang terbuka,sehingga massa dapat mengalir dari sistem batas volume atur dan sistem seperti ini disebut sebagai sistem terbuka karena terdapaat pertukaran massa dan energi antara sistem dan lingkungan melalui permukaan batas.
Pada silinder yang dilengkapi dengan piston berisi zat alir.zat alir dalam silinder dipilih sebagai sistem.permukaan dalam silinder dan piston diambil sebagai permukaan batas sistem yang ditandai dengan garis putus putus.dalam contoh ini bentuk dan volume sistem  dapat berubah dengan menaikan atau menurunkan piston,karena itu sistem seperti ini juga dapat disebut massa atur .perubahan bentuk dan volume permukaan batas selalu diperbolehkan sepanjang perubahan ini dikenali dalam perhitungan selanjutnya,pada sistem ini tidak terdapat pertukaran massa dengan lingkungan.sitem seperti ini disebut dengan sistem tertutup.meskipun sejumlah materi ditetapkan dalam sistem tertutup.energi masih dapat mengalir melewati permukaan batas sistem.oleh karena itu sistem dikatakan tertutup apabila tidak terdapat pertukaran massa tetapi dapat terjadi pertukaran energi melalui permukaan batas dengan lingkungan.jenis khusus dari sistem tertutup adalah sistem terisolasi yaitu sistem tidak dapat melakukan pertukaran masa dan energi melewati permukaan batas. Permukaan batas semacam ini disebut dinding adiabatik.
2.fase dan zat murni
Fase adalah besaran yang mempunyai struktur fisika dan komposisi kimia yang homogen.struktur fisika dikatakan homogen apabila zat terdiri dari fgas saja.atau padat saja.komposisi kimia dikatakan homogen apabila zat terdiri dari satu bahan kimia yang dapat berbentuk gas,padat,atau cair.
Zat murni adalah zat yang mempuyai komposisi kimia yang teteap dan homogen.zat murni umumnya terdapat lebih dari satu fase tetapi komposisi kimianya sama untuk seluruh fase.
3.sifat termodinamik
Sifat sistem adalah ciri umum dari sistem yang mempunyai nilai.nilai sifat ini dapat diukur secara langsung seperti tekanan,volume dan suhu.
Sifat sistem digolongkan menjadi 2 yaitu ekstensif dan intensif.jika harga seluruh sistem sama dengan jumlah harga sifat subsistematau bagian sifat disebut ekstensif.dan apabila harga sifat seluruh sistem tidak sama dengan jumlah harga subsistem atau bagaian itu disebut dengan intensif.
4.keadaan
Keadaan sistem dispesifikan oleh sedertaan harga sifatnya.mengingat pada umumnya terdapat ubungan antar sifat sifat ini.keadaan dapat dispesifikasikan berdasarkan nilai pasangan sifatnya .






Tidak ada komentar:

Posting Komentar