MESIN BENSIN
Mesin bensin atau mesin Otto dari Nikolaus Otto adalah sebuah tipe mesin pembakaran dalam yang menggunakan nyala busi untuk
proses pembakaran, dirancang untuk menggunakan bahan bakar bensin atau yang
sejenis.
Mesin bensin berbeda dengan mesin diesel dalam metode pencampuran bahan bakar
dengan udara, dan mesin bensin selalu menggunakan penyalaan busi untuk proses
pembakaran.
Pada mesin diesel, hanya udara yang dikompresikan dalam ruang bakar dan dengan
sendirinya udara tersebut terpanaskan, bahan bakar disuntikan ke dalam ruang
bakar di akhir langkah kompresi untuk bercampur dengan udara yang sangat panas,
pada saat kombinasi antara jumlah udara, jumlah bahan bakar, dan temperatur
dalam kondisi tepat maka campuran udara dan bakar tersebut akan terbakar dengan
sendirinya.
Pada mesin bensin, pada umumnya udara dan bahan bakar dicampur sebelum masuk ke
ruang bakar, sebagian kecil mesin bensin modern mengaplikasikan injeksi bahan
bakar langsung ke silinder ruang bakar termasuk mesin bensin 2 tak untuk mendapatkan
emisi gas buang yang ramah lingkungan. Pencampuran udara dan bahan bakar
dilakukan oleh karburator atau sistem injeksi, keduanya mengalami perkembangan
dari sistem manual sampai dengan penambahan sensor-sensor elektronik. Sistem
Injeksi Bahan bakar di motor otto terjadi di luar silinder, tujuannya untuk
mencampur udara dengan bahan bakar seproporsional mungkin. Hal ini dsebut EFI
Aplikasi
Mesin bensin sering digunakan dalam :
·
Sepeda motor.
·
Mobil.
·
Pesawat.
·
Mesin untuk pemotong
rumput
·
Mesin untuk speedboat
dan sebagainya.
Desain
Tipe-tipe mesin
bensin berdasarkan siklus proses pembakaran adalah :
·
Mesin satu tak, setiap
langkah piston terjadi proses pembakaran.
·
Mesin dua tak,
memerlukan dua langkah piston dalam satu siklus proses pembakaran.
·
Mesin empat
tak, memerlukan empat langkah piston dalam satu siklus proses
pembakaran.
·
Mesin enam tak, memerlukan
enam langkah piston dalam satu siklus proses pembakaran.
·
Mesin wankel (rotary engine/wankel engine). memerlukan
satu putaran penuh rotor dalam satu siklus pembakaran.
Tiga syarat utama supaya mesin bensin dapat
berkerja :
1.
Kompresi ruang bakar
yang cukup.
2.
Komposisi campuran udara
dan bahan bakar yang sesuai.
3.
Pengapian yang tepat
(besar percikan busi dan waktu penyalaan/timing ignition).
Sistem
Sistem-sistem dalam mesin bensin mencakup :
·
Sistem bahan bakar (fuel system).
·
Sistem pengapian (ignition system).
·
Sistem pemasukan udara dalam ruang bakar (intake
system).
·
Sistem
pembuangan udara hasil
pembakaran (exhaust system).
·
Sistem katup (valve mechanism)
·
Sistem pelumasan (lubricating system)
·
Sistem pendinginan (cooling system).
·
Sistem penyalaan (starting system).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar